Jumat, 03 Januari 2014

Sering Mimpi Buruk... Ternyata Ini Penyebabnya

"Kenapa mas ya, saya ini sering banget mimpi buruk. Apalagi kalau di rumah"
"Emangnya sebelum tidur seringnyaa ngapain?"
"Biasanya sih nonton TV"
Obrolan ini saya lakukan dengan salah satu sahabat beberapa bulan lalu. Beliau mengeluhkan hampir tiap malam tidurnya kurang nyenyak. Anehnya ketika beliau pindah ke kamar lain, tidurnya lebih nyenyak dari sebelumnya. Ada "makhluk halus" nya ya di kamarnya? Hahaha... Ini lebih besar dari itu. Penyebabnya adalah tayangan TV yang ditonton sebelum tidur. Diawal saya mengira beliau nonton sinetron, yang notabene ada salah satu stasiun tv swasta setiap malam memutarkan marathon sinetron. Ternyata bukan


"Saya biasanya suka nonton berita mas kalau malem. Ya isinya kan biasanya kriminal atau kecelakaan gitu. Dan biasanya nontonnya sampe ketiduran gitu"

Yaaaak.... Itu dia penyebabnya. Saya minta untuk merubah kebiasaannya. Saya minta beliau untuk tidak menonton berita sebelum tidur. Ganti dengan yang lebih ringan / fun, atau sekalian tidak sama sekali. Hasilnya : beberapa minggu kemudian beliau mengirimkan message berisi

"Eh mas, ternyata bener loh yang dulu mas Derajat saranin. Sekarang tidurku jadi lebih nyenyak. Ternyata memang itu penyebabnya"
Kenapa kok bisa gitu? Alam bawah sadar kita sangatlah Luar Biasa. Walaupun kita sedang tidak terfokus pada hal tersebut, semuanya bisa masuk dalam alam bawah sadar kita. Khususnya ketika kita sedang posisi antara sadar dan tidak sadar (bahasa jawa : liyer-liyer / kriyep-kriyep). Karena dalam posisi itu filter mental kita akan terbuka. Apa itu filter mental?

Saya sering sebut filter mental adalah sebuah pintu. Secara alamiah filter mental kita bisa terbuka dan menutup sendiri. Kondisi-kondisi dimana membutuhkan sebuah fokus, disitulah pintu ini terbuka. Ketika kita khusyuk beribadah, disitulah pintu ini terbuka. Dan ketika kita masuk dalam kondisi menjelang tidur (dan bangun tidur), disitulah pintu ini juga terbuka. Dan kondisi ini adalah saat yang tepat untuk memberikan pesan ke dalam alam bawah sadar kita.


Inilah yang terjadi pada sahabat saya diatas. Ketika filter mentalnya posisi terbuka, pesan yang masuk adalah hal-hal yang tidak menyenangkan bagi beliau. Jadilah muncul perasaan yang tidak nyaman. Dan otomatis tidurnya pun jadi kurang nyenyak. Ini juga jadi satu pembelajaran bagi kita, khususnya bagi anda yang suka nonton tv sampai tertidur (sehingga gantian tv nya yang nonton anda).
  1. Hati-hati dengan program tv yang anda putar. Pastikan yang diputar adalah acara yang membuat anda semakin positif atau makin berkembang. Saya pribadi sering memutar acara yang menghibur (film komedi dan sejenisnya)
  2. Pasang timer TV. Jika memang anda punya kebiasaan menonton TV sampai tertidur, pastikan timer terpasang. Paling tidak message-message dari TV tidak semuanya masuk ke alam bawah sadar anda


Karena alam bawah sadar kita begitu luar biasa, maka semaksimal mungkin pastikan kita filter hanya hal-hal yang memberdayakan bagi diri kita lah yang masuk ke dalamnya. Andalah yang menjadi tuan dari pikiran anda. Be Great


Salam pembelajar
~Do Your Best, Be The Best Of You~