Sabtu, 28 Desember 2013

Sukses Dari Diri Sendiri. Aaah... Yang Bener???

Sukses itu berasal dari diri kita sendiri. Betulkah kalimat tersebut? Menurut saya sih betul. Tapi itu dulu. Sekarang saya memiliki pemahaman baru. Apakah itu?

"Sukses berasal dari ORANG LAIN"

Kok bisa? Bukankah di tulisan-tulisan motivasi lainnya sering menuliskan bahwa sukses itu berasal dari diri kita sendiri? Bahkan dulu saya sering kali mendengarkan kata-kata, "Orang lain tidak menentukan kesuksesan anda, tapi diri anda lah yang menentukan kesuksesan anda". Dan bertahun-tahun saya memiliki pemahaman tersebut. Sampai pada akhirnya, muncul lah satu insight ketika saya ngobrol dengan salah satu sahabat saya beberapa bulan yang lalu. Dia lah yang menyebutkan bahwa sukses itu bisa dicapai karena ada orang lain.


Dia mencontohkan, "Kita lihat aja pengusaha yang sukses. Katakanlah dia menjual satu produk makanan yang paling enak di dunia. Dia memiliki kemampuan untuk meracik makanan sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang benar-benar lezat. Sebut aja yang punya KFC, si Kolonel Sanders. Kira-kira apa yang bikin ayam gorengnya bisa sesukses itu?"

Saya pun bengong aja tiba-tiba ditanyain seperti itu. Dia pun melanjutkan, "KFC bisa sukses karena BANYAK ORANG YANG BELI. Coba bayangin kalau ga ada orang yang beli, apa bakalan sukses itu ayam goreng? Pasti ga lah. Contoh lain, kita mau bangun perusahaan yang besar. Dan anggep aja kita ini orang huebaaat. Bisa sukses ga dengan perusahaan kita? Mungkin bisa sukses dengan adanya kita. Tapi ketika ada orang lain yang ikut membantu mengembangkan perusahaan kita semakin besar, apanya ga lebih cepet dan gede sukses kita?"



Masuk akal!!! Disitulah saya berpikir, untuk sukses kita HARUS membutuhkan orang lain. Tanpa adanya orang lain, kita tidak akan bisa kemana-mana. So, manfaatkan orang-orang lain disekitar anda untuk kesuksesan bersama. Bagaimana caranya :
  1. Perbanyak kenalan anda. Banyak teman, banyak rejeki. Tidak peduli dari latar belakang apa dia. Karena kita tidak tahu dari siapakah kesuksesan kita akan terbantu
  2. Bangunlah keluarga, tidak sekedar kenalan. Jadikan teman anda ini nyaman dengan anda. Perlakukan mereka seperti anda ingin diperlakukan oleh mereka.
  3. Bina hubungan. Keep contact. Jaman sekarang adalah era yang bisa mendekatkan orang yang jauh dalam sekejap. Manfaatkan social media untuk tetap membina hubungan



Selamat Mencapai Kesuksesan