Minggu, 05 Januari 2014

Pingin Jadi Hebat? Begini Caranya

Postingan kali ini terinspirasi dari aktivitas berenang yang baru saja saya lakukan. Sudah sekitar sebulan saya ngebet banget kepingin berenang. Dan kesempatan itu akhirnya datang juga. Waktu sangat pas. Hari libur. Cuaca mendukung. Kondisi juga fit. Begitu dah siap nyemplung ke kolam, pemanasan pun dilakukan. Stretching-stretching dikit, langsung deh nyebur. Rasanya segeeeer banget. Apalagi sudah cukup lama saya tidak berenang. Gaya bebas pun dikeluarkan. Jarak 15-20 meter pun langsung diterjang. Tahu kah apa yang terjadi setelah itu? Kaki saya pun kram, ditambah nafas yang ngos-ngosan 

Hahahaha. Saya sendiri kepingin ketawa waktu ngalamin kejadian tadi. Maksud hati pingin bergaya, eee jadi batal gara-gara kaki kram. Batal keren deh. Padahal perasaan waktu dulu, dengan durasi pemanasan yang sama ga pake terjadi peristiwa kram tuh. Dan nafas juga baik-baik aja. Apa yang terjadi ya? Apakah karena usia? 

Akhirnya saya sempat melihat pengunjung lain yang lebih muda. Sempat terlintas pikiran "Aah iya ya, coba saya seumuran mereka. Pasti nafas lebih kuat. Dan ga pake kram kaki segala" Logis dan masuk akal kan pikiran saya itu? Masuk akal donk. Mungkin anda juga punya pikiran yang sama seperti itu. 

Tapi berikutnya saya melihat pengunjung yang lain. Ada yang lebih tua dari saya (bahkan jauh lebih tua). Beliau berenang beberapa putaran bolak balik dengan jeda istirahat yang hanya sebentar saja. Nah saya, nyebrangnya ga sampai 2 menit istirahatnya hampir 5 menit (and I'm not proud about that). 

Lalu apa donk yang bikin saya tidak sekuat mereka? Jawabannya adalah : karena saya tidak terbiasa. Orang menjadi ahli dalam aktivitasnya bukan karena mereka hebat sejak awal (bakat). Mungkin mereka juga didukung oleh bakat yang dimiliki. Tapi semua harus dibiasakan. Michael Jordan menjadi pemain basket yang sangat hebat karena dia terbiasa berlatih setiap hari. Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo memiliki skill yang sedemikian hebat juga karena latihan yang biasa mereka lakukan selama bertahun-tahun. Dan itulah kata kuncinya. TERBIASA

Jadi ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjadi hebat dalam apapun yang anda lakukan Ketahui cara yang benar. 
  1. Untuk menjadi hebat, pastikan langkah - langkah yang dilakukan sudah benar. Cari referensi dari manapun. Anda ingin ahli dalam bermain gitar, pastikan kord yang anda mainkan sudah benar. Ingin ahli dalam public speaking cari tahu apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi public speaker yang baik dan benar
  2. Update cara-cara terbaru. Carilah informasi dari manapun, apakah ada cara-cara yang lebih terbaru untuk menguasai aktivitas anda. Siapa tahu cara baru ini lebih efektif dan efisien 
  3. Cari pelatih atau role model. Memiliki pelatih bisa memudahkan anda untuk menguasai hal dengan cepat. Karena transfer kemampuan dari seorang ahli sedang terjadi. Tapi jika anda tidak memiliki pelatih untuk belajar, carilah ahli untuk dicontoh. Dan tiru kemampuan mereka, kemudian modifikasi sesuai dengan kondisi anda 
  4. Latih terus. Sekali lagi saya tekankan. Kita bisa jadi hebat karena kita terus melakukan. Jadi latih terus kemampuan anda kapan pun dan dimanapun 
  5. Lakukan langkah sebelumnya lebih sering lagi 
  6. Lakukan langkah sebelumnya lebih sering lagi 


So, itu aja yang bisa saya share kali ini. Saya yakin anda punya cara yang lain dari tips yang di atas. Kalau memang ada, yuk dishare ke teman-teman pembaca yang lain. Biar makin komplit ilmunya

Salam pembelajar
#BeGreat